Efek Samping Olahraga Yang Selama Ini Terlupakan

efek samping olahraga yang selama ini terlupakan

Cara pandang masyarakat terhadap olahraga sudah berkembang sebagai pandangan ‘moralis’. Olahraga dipandang sebagal sesuatu yang sangat positif. Oleh karenanya, orang pun sering lupa efek negatif olahraga. Berikut ini beberapa efek negatif olahraga yang sebaiknya Anda ketahui :

1. Mengundang nafsu makan

Setelah olahraga, muncul rasa haus yang sangat sehingga mendorong Anda mengonsumsi air minum dalam jumlah besar. Konsumsi air yang besar dalam seketika dapat memperbesar kapasitas lambung. Padahal dalam metode kualitatif yang ingin dicapai adalah kapasitas lambung yang Iebih kecil. Setelah rasa kenyang dengan air berlalu, muncullah rasa lapar karena lambung menjadi besar. Akhirnya, makan juga tidak cukup dalam jumlah kecil.

2. Menimbulkan pengerasan otot atau tubuh

Biasanya, pengerasan terjadi pada mereka yang melakukan olahraga aerobik, angkat beban, atau olahraga keras lainnya. Pengerasan otot atau tubuh yang dibentuk dari olahraga tersebut mengakibatkan pembesaran pada sebagian anggota tubuh, seperti tangan, kaki, betis, lengan dan paha.

3. Memicu kegemukan

Jika orang biasa berolahraga secara keras, lalu berhenti berolahraga, maka dapat memicu kegemukan. Bahkan, bisa lebih gemuk dari sebelumnya. ini terjadi karena fungsi-fungsi tubuh seperti jantung yang dulunya dipacu sedemikian rupa, sekarang harus melakukan penyesuaian baru. Misalnya, seseorang melakukan aerobic dengan intensitas keras selama 1-2 jam sebanyak 5-6 kali seminggu. Untuk dapat bertahan dalam kondisi fit dan tubuh tetap langsing, maka ia harus tetap menjalankan pola olahraganya tersebut seumur hidupnya. Jika tidak, dalam waktu dua minggu saja ia akan cepat menjadi gemuk. Keadaan ini berbahaya untuk kesehatan.

Efek olahraga berpengaruh buruk bagi pembentukan tubuh. Hal ini tidak diharapkan dalam metode kualitatif. Oleh karena itu, jika ingin tetap berolahraga maka pilih olahraga tanpa beban, seperti jogging sambil memutar kedua tangan atau melompat-lompat di tempat tanpa beban. Aerobik boleh dilakukan tetapi jangan dipaksakan saat sudah lelah dan jangan lakukan secara terus-menerus tanpa istirahat.

Pada saat menjalankan aktivitas olahraga, perhatikan cara menghilangkan rasa haus. Setelah Anda berolahraga, sebaiknya pilih minuman yang mengandung ion-ion yang dapat menghilangkan rasa haus. Cara minum pun harus diatur, minum sedikit demi sedikit.

Olahraga bukan ide yang tepat untuk membentuk tubuh yang langsing. Olahraga baik untuk menjaga kebugaran tubuh atau pembentukan otot. Olahraga yang baik dilakukan dengan santai dan tidak memaksa. Untuk mencapai tubuh yang Iangsing dan sehat, Anda tetap harus memperhatikan pola makan. Salah satu cara terbaiknya dengan detoxifikasi.

 

whydowork adsense BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*